Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok

Batubara, Eli Widayanti (2024) Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam persaingan dengan bank-bank lain, lembaga keuangan, terutama perbankan, harus memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya untuk menjaga eksistensinya. Kualitas layanan tetap menjadi aspek krusial bagi perbankan, terutama di era merger bank yang menuntut upaya ekstra. Di sini, terungkap bahwa kepercayaan nasabah terhadap bank, yang dibangun melalui komunikasi, menjadi faktor kunci di samping kekuatan modal. Proses komunikasi juga menjadi strategi bagi perbankan untuk memahami kebutuhan dan keinginan nasabah. Dalam konteks pelayanan, bank harus mampu memberikan kualitas yang prima untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah, khususnya nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah, melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi CRM serta upaya-upaya yang dilakukan oleh PT. Bank Syariah Indonesia, KCP Sipirok, dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Indonesia, KCP Sipirok, berhasil mempertahankan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah melalui strategi CRM, termasuk Operasional CRM dan Analitikal CRM. Ketiga tipe CRM ini hanya dapat berjalan efektif dengan dukungan tiga komponen utama: Manusia, Proses, dan Teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Strategi; Customer Relationship Management; Pembiayaan; Pendanaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:40
Last Modified: 22 Aug 2024 05:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item View Item