Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di MTs. S Pondok Pesantren Al- Mukhtariyah Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Fitriani (2024) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di MTs. S Pondok Pesantren Al- Mukhtariyah Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100265.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembinaan akhlak siswa, strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembentukan pembinaan akhlak siswa di MTs. S Al- Mukhtariyah Nagasaribu. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam arus modernisasi dan era globalisasi yang penuh tantangan, secara tidak langsung dirasakan telah membawa dampak dan perbuatan terhadap moalitas. Realitasnya masih terdapat siswa yang sikapnya bersebrangan dengan sendi- sendi moral dan agama seperti maraknya tawuran antara pelajar, penyalahgunaan narkoba, pencurian, pergaulan bebas dan pelecehan seksual. Berdasarkan hal itu sekolah merupakan sarana pendidikan formal yang sangat penting dalam membentuk karakter untuk menanamkan pemahaman pada siswa, maka peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs. S Pondok Pesantren Al- Mukhtariyah Nagasaribu.Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sumber data yang dibutuhkan adalah kepala madrasah tsanawiyah, guru pendidikan agama Islam. Peneliti pengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan penyajian data, verifikasi.Hasil penelitian ini meliputi : 1. Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dilakukan dengan baik sesuai kurikulum yang berlaku dengan mengacuh pada RPP yang digunakan di pondok pesantren meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup, strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dapat dibuktikan melalui evalusi dan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam; Pembentukan akhlak siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:07
Last Modified: 08 Aug 2024 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item View Item