Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan terhadap profitabilitas (studi kasus PT. Waskita Karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2022)

Maulina, Widya (2023) Pengaruh arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan terhadap profitabilitas (studi kasus PT. Waskita Karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2022). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200182.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT. Waskita Karya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak pada bidang kontruksi. Pada tahun 2019 ke 2020 mengalami penurunan yang sangat drastis pada laba rugi dan arus kas sedangkan perubahan ekuitas mengalami kenaikan. Hal ini bertentangan dengan teori bahwa dalam perusahaan laporan arus kas yang baik dapat memberikan dampak baik bagi laporan keuangan dalam mengefektifkan arus kas yang masuk dalam profitabilitas.Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh arus kas operasi, investasi dan pendanaan terhadap profitabilitas pada PT. Waskita Karya Tbk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah berpengaruh arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan terhadap profitabilitas PT. Waskita Karya Tbk. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi dan keuangan sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan pengertian rasio profitabilitas, tujuan dan manfaat rasio profitabilitas, jenis- jenis rasio profitabilitas, pengertian arus kas, pengertian kas setara kas, arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, melalui website www.idx.co.id kemuadian analisis menggunakan alat bantu Eviews-9. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah arus kas operasi, arus kas investasi , arus kas pendanaan dan profitabilitas. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa arus kas operasi terdapat pengaruh Return on Assets, arus kas investasi tidak terdapat pengaruh Return on Assets, arus kas pendanaan tidak terdapat pengaruh yang Return on Assets. Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan bahwa arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap Return on Assets pada PT Waskita Karya Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Arus kas operasi; Arus kas investasi; Arus kas pendanaan profitabilitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150113 Stock Exchange
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:05
Last Modified: 26 Jul 2024 09:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item View Item