Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbandingan profitabilitas dan fee based income pada PT. Bank BCA Syariah dan PT. Bank BCA Konvensional

Pane, Annisa Anny (2024) Analisis perbandingan profitabilitas dan fee based income pada PT. Bank BCA Syariah dan PT. Bank BCA Konvensional. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia perbankan yang semakin ketat menuntut setiap bank untuk menerapkan strategi dalam memperkenalkan produk yang ditawarkannya dan terus menciptakan image yang baik di masyarakat. Pemanfaatan teknololgi untuk meningkatkan fee based income merupakan jawaban untuk menghadapi permasalahan sistem perbankan dan dibuat semakin canggih dengan memanfaatkan internet untuk menciptakan layanan perbankan berbasis internet yang memudahkan para nasabah. Profitabilitas masih menjadi hal yang selalu ingin ditingkatkan oleh setiap bank, khususnya bank syariah, karena mereka menyadari bahwa pergerakan pertumbuhan bank syariah masih tertinggal jauh dari bank konvensional. Maka penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana perbedaan tingkat profitabilitas dan fee based income PT. Bank BCA Syariah dan PT. Bank BCA Konvensional. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang perbankan yaitu menganalisis laporan keuangan bank. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan profitabilitas (ROA), dan pendapatan yang berasal dari jasa-jasa bank (fee based income). Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan dari tahun 2013-2022. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perbankan yang didapat melalui situs resmi www.bcasyariah.co.id dan www.bca.co.id sebanyak 40 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji sample independent t-test yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji sample independent t-test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profitabilitas PT. Bank BCA Syariah dan PT. Bank BCA Konvensional jika diukur menggunakan indikator return on asset (ROA). Kemudian hasil uji sample independent t-test pada fee based income PT. Bank BCA Syariah dan PT. Bank BCA Konvensional menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Perolehan tingkat profitabilitas menggunakan rasio return on asset (ROA) PT. Bank BCA Konvensional lebih tinggi dibandingkan dengan PT. Bank BCA Syariah sedangkan perolehan fee based income PT. Bank BCA Syariah lebih tinggi dibandingkan dengan PT. Bank BCA Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E
Keywords: Pengembalian aset; Pendapatan jasa bank lainnya
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:31
Last Modified: 25 Jul 2024 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item