Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak pasca pandemi Covid-19 terhadap penggunaan layanan jasa Pegadaian Syariah Alaman Bolak KC Padangsidimpuan

Agustina, Tasya (2024) Dampak pasca pandemi Covid-19 terhadap penggunaan layanan jasa Pegadaian Syariah Alaman Bolak KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak lembaga keuangan bank maupun non bank yang hadir dengan tujuan membantu mensejahterakan ekonomi masyarakat luas. Salah satu diantaranya adalah Pegadaian Syariah. Pegadaian syariah Alaman Bolak KC Padangsidimpuan adalah salah satu kantor yang cukup populer di masyarakat. Namun rentang tahun 2020 awal sampai tahun 2022 awal telah terjadi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan menyebabkan terganggunya hampir setiap sektor. Seperti sektor kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi secara global. Pegadaian syariah Alaman Bolak KC Padangsidimpuan termasuk salah satu lembaga yang terdampak akibat kondisi tersebut. Terjadinya penurunan jumlah nasabah pada saat covid-19 menyebabkan pihak pegadaian syariah terus mengatur strategi demi meningkatkan dan mempertahankan jumlah nasabahnya. Dengan mengganti beberapa sistem layanan jasa dan promosi dari offline menjadi online dan berbagai strategi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pasca pandemi covid-19 terhadap penggunaan layanan jasa Pegadaian Syariah Alaman Bolak KC Padangsisimpuan dan strategi yang digunakan Pegadaian Syariah Alaman Bolak KC Padangsisimpuan dalam meningkatkan dan mempertahankan nasabahnya pasca pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 pegawai Pegadaian Syariah dan 3 nasabah Pegadaian Syariah. Menggunakan teknik pengolahan data dengan aplikasi Nvivo 12. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan jasa yang diberikan pegadaian syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan tergolong baik. Dampak yang ditimbulkan awal pandemi covid adalah penurunan jumlah nasabah, namun jumlah nasabah Kembali meningkat pasca covid-19. Strategi yang digunakan adalah meningkatkan Kembali pelayanan prima dengan mengarahkan para pegawai untuk selalu ramah dan juga sopan serta selalu membantu nasabah dalam banyak hal membuat nasabah merasa diperhatikan dan merasa senang. Pelayanan prima yang selalu diupayakan pihak pegadaian syariah nyatanya mampu menjadikan peningkatan jumlah nasabah yang cukup signifikan pasca covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E
Keywords: Pandemi Covid-19; Nasabah; Pegadaian syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:07
Last Modified: 25 Jul 2024 04:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item