Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Arse

Ritonga, Fitriyani (2024) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Arse. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Guru sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar, dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa tidak selalu berjalan lancar seperti apa yang sudah direncanakan, terkadang terdapat hambatan sehingga anak mengalami kesulitan belajar terkhusus pada pelajaran pendidikan agama islam. Oleh karenanya dalam proses pembelajaran guru harus memberikan yang terbaik untuk siswanya dengan memilih pendekatan belajar dan juga metode yang baik, sehingga siswa akan sungguh-sungguh dan termotivasi dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Arse, apa-apa saja faktor kesulitan belajar pendidikn agama islam siswa di SMP Negeri 1 Arse, bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama islam siswa di SMp Negeri 1 Arse. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran pendidikana agama islam di SMP Negeri 1 Arse. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskrptif. Instrument pengumpulan data yang terdiri dari wawancara yang ditunjukkan kepada siswa dan guru mata pelajaran serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 1 Arse adalah dengan cara pendekatan secara pribadi dan selanjutnya melakukan pertemuan langsung dengan orang tua siswa untuk membicarakan langsung kesulitan belajar yang sedang dialami siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Arse ada dua yaitu faktor internal yang meliputi: kurangnya bimbingan orang tua khususnya dalam hal membaca al-Qur’an. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Arse yaitu dengan melakukan pengamatan, pendekatan secara langsung dengan siswa memberikan bimbingan serta motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhlison, M.Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Kesulitan belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:10
Last Modified: 24 Jul 2024 08:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item