Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pegadaian syariah dalam meningkatkan literasi keuangan syariah pada masyarakat Kota Padangsidimpuan (studi kasus pada PT. Pegadaian UPS Sadabuan)

Sintia, Dinda (2024) Strategi pegadaian syariah dalam meningkatkan literasi keuangan syariah pada masyarakat Kota Padangsidimpuan (studi kasus pada PT. Pegadaian UPS Sadabuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih banyaknya masyarakat yang bertransaksi di lembaga keuangan konvensional walaupun lembaga keuangan syariah sudah ada dan berdiri di lingkungan mereka. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya tingkat literasi keuangan pada masyarakat khususnya terkait keuangan syariah. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil survei literasi dan inklusi keuangan syariah oleh Otoritas Jasa keuangan pada tahun 2018 dan tahun 2022 dan total jumlah aset Pegadaian Syariah dan Pegadaian Konvensional pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pegadaian Syariah dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah sangatlah penting ditengah masyarakat, karena kalau pemahamannya tentang literasi keuangan syariahnya baik maka masyarakat akan dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga memicu masyarakat untuk mulai bertransaksi di lembaga keuangan syariah. Strategi yang telah dilakukan oleh PT. Pegadaian UPS Sadabuan dalam meningkatkan literasi keuangan syariah pada masyarakat kota padangsidimpuan adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang bersifat umum berupa kegiatan seminar ke universitas, kantor-kantor atau instansi lainnya atau masyarakat/calon nasabah langsung yang datang ke kantor PT. Pegadaian UPS Sadabuan untuk berkonsultasi. Kedua, melakukan edukasi berupa promosi di media massa (Facebook, Instagram, dan Youtube), membagikan brosur, dan masyarakat juga dapat mengakses melalui website pegadaian yaitu http://pegadaiansyariah.co.id.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlillah Nasution, M.Pd dan M. Yarham, M.H
Keywords: Literasi keuangan syariah; Pegadaian syariah; Strategi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:43
Last Modified: 04 Jul 2024 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item