Liem, Masdalipah (2023) Analisis strategi pemasaran pupuk organik PT. Basimbah Tani Rantauprapat dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200258.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perusahaan yang mengeluarkan produk pupuk organik setelah berdiri dari tahun 2010 sampai dengan 2023 namun strategi permasaahannya belum efektif yaitu terjadi pada PT. Basimba Tani Rantauprapat. Melihat realita di Kota Rantauprapat banyak sekali perkebunan kelapa sawit dan orang yang membutuhkan pupuk organik seharusnya ini menjadi kesempatan yang baik untuk perusahaan tersebut memasarkan produk pupuk organik yang sudah di produksi untuk dikenalkan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran pupuk organik PT. Basimba Tani Rantauprapat dan untuk menjawab persoalaan secara mendalam dan menyeluruh. pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan strategi, pemasaran, pemasaran dalam islam, strategi pemasaran dan pupuk organik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pupuk organik PT. Basimba Tani Rantauprapat belum begitu efektif di karenakan hanya melakukan sekedar menyebar brosur dan memasang iklan di Radio dan Koran dan kurangnya karyawan hingga efektifitas pemasaran pupuk pupuk organik PT. Basimba Tani kurang maksimal sehingga menurunnya pendapatan atau keuntungan. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa PT. Basimba Tanti Rantauprapat belum terlalu maksimal melakukan pemasaran sesuai dengan teori strategi pemasaran, baik segi promosi dan distribusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A dan M. Yarham, M.H |
Keywords: | Strategi pemasaran; Pupuk organik; Ekonomi Islam |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 05:08 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 05:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10630 |
Actions (login required)
View Item |