Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap kinerja keuangan UMKM di Kota Padangsidimpuan

Harahap, Rama Yanti (2023) Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap kinerja keuangan UMKM di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan kinerja keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) umumnya berkaitan dengan minimnya kemampuan manajemen dalam pengelolaan modal kerja, yang menyebabkan kesulitan dalam pengukuran kinerja keuangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan UMKM antara lain kualitas laporan keuangan, literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM di kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu kinerja keuangan UMKM sehubungan dengan teori yang mengatakan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM, inklusi keuangan berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM begitu juga dengan Financial technology berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sample 100 UMKM. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan literasi keuangan (X1) berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM (Y). Variabel inklusi keuangan (X2) tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM (Y). Variabel financial technology (X3) berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM (Y). Sedangakan secara bersama-sama (simultan) variabel literasi keuangan (X1), inklusi keuangan (X2) dan financial technology (X3) berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan M. Fauzan, M.E.I
Keywords: Literasi keuangan; Inklusi keuangan; Financial technology; Kinerja keuangan UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:35
Last Modified: 28 Jun 2024 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item