Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran STAD student team achievement division dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di Kelas IV SDN 090 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Siti Aisyah (2024) Penerapan model pembelajaran STAD student team achievement division dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di Kelas IV SDN 090 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah penggunaan metode dan model pembelajaran yang guru gunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, sehingga siswa kurang berinteraki selama proses pembelajaran dan minat belajar siswa juga masih kurang sehingga hasil belajar siswa kurang optimal, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model STAD. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi keberagaman suku bangsa dan agama di negeriku di kelas IV SDN 090 Panyabungan, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran STAD pada materi keberagaman suku bangsa dan agama di negeriku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan menggunakan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tekhnik pemeriksaan keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mencari rata-rata kelas (mean) dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata pra siklus adalah 57,6 dengan persentasi ketuntasan 28%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama hanya terjadi sedikit peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 60,2 sedangkan nilai ketuntasan sedikit meningkat yaitu 32%, selanjutnya pada pertemuan 2 siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 66,28 dengan preentasi ketuntasan 48%, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nili rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 72 dengan presentasi 72%. Dan pada siklus II pertemua ke-2 juga hasil belajar siswa dapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 79,16 dengan presentasi ketuntasan 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Student team achievement division; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:32
Last Modified: 27 Jun 2024 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item