Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Bondar, Romalan Mardona (2024) Implementasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran IPS sudah di implementasikan di SD Negeri 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, tapı belum sepenuhnya dapat membentuk sikap sosial siswa dan karena masih ada sebagian siswa yang sulit untuk diarahkan agar memiliki sikap sosial yang baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi perencanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negen 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, Untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primernya adalah guru kelas 4, 5, dan 6, sedangkan data sekunder adalah kepala sekolah dan guru-guru yang lainnya. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu menelaah seluruh data yang dikumpulkan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triagulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian perencanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 41 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu sudah terlaksana, akan tetapi masih ada beberapa peserta didik yang belum terbentuk sikap sosialnya. Oleh karena itu dilakukan implementasi perencanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membentuk sikap sosial siswa dan didapatkan hasil sikap sosial siswa dikelas IV yaitu (88) dikelas V (79) dan sikap sosial dikelas VI yaitu (77) dari ketiga kelas perbandingannya yaitu sikap sosial dikelas IV sudah mencapai kategori sangat baik dan dikelas V dan VI kategori baik. Hasil sikap sosial siswa di peroleh dari wawancara dan observasi dengan guru kelas. Kendala dalam membentuk sikap sosial siswa yaitu antara lain lemahnya dukungan dari pihak siswa berpengaruh dalam pembentukan sikap sosial nya, pengaruh dari lingkungan/teman sahabat dapat menghambat pembentukan sikap sosial siswa, pengaruh dari kemajuan teknologi juga dapat berpengaruh pada pembentukan sikap sosial siswa dan pengaruh dari guru itu sendiri juga bisa menjadi kendala dalam pembentukan sikap sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: IPS; Sikap social; Sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:38
Last Modified: 24 Jun 2024 04:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item