Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok

Harahap, Nursafitri (2024) Implementasi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah menunjukkan ketidak konsistenan perkembangan nasabah pada pembiayaan dan pendanaan dalam mempromosikan produknya dikarenakan kurangnya pengetahuan Masyarakat tentang produk yang ada di BSI KCP Sipirok. Oleh karena itu BSI KCP Sipirok perlu melakukan strategi promosi terhadap masyarakat setempat supaya masyarakat setempat memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan ilmu perbankan syariah yaitu teori tentang Bank Syariah, dan Teori tentang Promosi, teori tentang Nasabah dan yang terakhir adalah teori tentang peningkatan jumlah nasabah pada Bank Syariah KCP Sipirok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptip dan analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan adanya wawancara, Observasi dan dokumentasi. Adapun metode dalam penelitian ini adalah Branch Operations & Manager Service, Operation Staff, Staff Marketing, Costumer Service, Teller, dan Retail Sales Executive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi Bank Syariah Indonesia untuk meningkatkan jumlah nasabah dilakukan melalui strategi promosi dengan periklanan, strategi promosi dengan penjualan pribadi, strategi promosi dengan promosi penjualan, strategi promosi dengan hubungan masyarakat dan strategi promosi dengan publisitas. Strategi BSI yang paling efektif dalam melakukan promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah yaitu strategi promosi dengan hubungan masyarakat dan strategi promosi dengan periklanan. Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok dalam melakukan strategi promosi peningkatan jumlah nasabah yaitu kendala secara internal dan kendala secara eksternal. Setelah dilakukan strategi promosi tersebut membuat Masyarakat setempat mulai paham dan mengerti tentang produk-produk dan jasa serta sudah mulai paham menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Bank syariah; Promotion mix; Jumlah nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:09
Last Modified: 20 Jun 2024 08:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item