Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar PAI Siswa MTs Swasta TPI Balaka Kecamatan Padang Bolak Julu

Siregar, Bilal Safii (2024) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar PAI Siswa MTs Swasta TPI Balaka Kecamatan Padang Bolak Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di MTs Swasta TPI (Taman Perguruan Islam) Balakka, Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian expostfacto. Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dan mengevaluasi pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian yang diberikan oleh orang tua memiliki dampak signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar PAI siswa. Dukungan, interaksi positif, dan kolaborasi antara sekolah dan orang tua memainkan peran kunci dalam membentuk minat belajar yang tinggi dan pencapaian akademis yang baik dalam mata pelajaran agama. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami peran penting perhatian orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar PAI siswa. Implikasi praktisnya mencakup penguatan peran orang tua dalam pendidikan agama di lingkungan sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang lebih inspiratif, dan mendukung pencapaian akademis yang berkelanjutan bagi siswa. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel X (perhatian orang tua) memiliki pengaruh sebesar 15,38% analisis Regresi Sederhana diperoleh dengan nilai r_hitung 0,392 > 0,374 r_tabel dilanjut untuk mengetahui seberapa besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y1 dan 24% Analisis Regresi Sederhana diperoleh dengan nilai r_hitung 0,4899 > 0,374 r_tabel terhadap variabel Y2 (hasil belajar. Pada taraf signifikan 5% dan dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y1 =49,41+0,38X dan Y2=12,85+0,70X.. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar PAI siswa di MTs Swasta TPI Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Perhatian orang tua; Motivasi; Hasil belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:45
Last Modified: 20 Jun 2024 07:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item