Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media berbasis informasi teknologi dalam pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs N 1 Padangsidimpuan

Auliyah, Ummi Syarifah (2024) Pemanfaatan media berbasis informasi teknologi dalam pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Bahwa pembelajaran. Al-qur'an Hadits masih menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, karena pembelajaran Al-qur'an Hadits merupakan pelajaran yang banyak membahas tentang ayat-ayat dan hadits hadits yang perlu di pahami dengan melihat konteksnya sehingga diperlukan metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran Al-qur'an Hadits Media pembelajaran ialah salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan sangat penting dalam proses pembelajaran Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapatkan perhatian guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran dalam kelas Oleh karena itu setiap pendidik perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agara dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran Namun pada kenyataanya media pembelajaran masih sering tersbaikan dengan berbagai alasen diantaranya terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar bagi guru sebagai pendidik, kesulitan uniuk mencari model dan jems media yang tepat, ketiadaan biaya yang sebagian di cluhkan. Hal tersebut sesungguhnya tidak perlu terjadi jika setiap pendidik telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media petubelajaran. Untuk mengetahui materi pelajaran Al-Qur'an-Hadist yang menggunakan media berbaus IT di MTs NI Padangsidimpuan Untuk mengetahui pemanfaatan media berbasis IT dalam pembelajaran al-qur'an hadits di MTs N1 Padangsidumpuan Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun 2022-2023 Pertama, terdapat ada masalah yang sesuai dengan judul penelitian. Kedua, melengkapi penilitian sebelumnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Padangsidimpuan memiliki masalah yang sama dengan judul penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti metode kualitant yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode deskriptif, yaitu pengumpulan dokumen dan hasıl wawancara dari responden Sumber data primer yang datanya dikumpulkan dari hasil observasi dan wawancara dengan sumber utama yaitu 2 orang guru mata pelajaran Al-qur'an Hadits dengan Bapak Mustakam dan Ibu Aisyah, murid Madrasah Tsanawiyab Negen (MTsN) Padangsıdımpuan berjumlah 8 orang dari kelas 7- 9. Berdasarkan hasil penelima diketahui bahwa upaya guru bidang studi pelajaran Al-qur an Hadits mengatasi ketu'itemnen dalam membaca Al-qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsıdimpaan sudah diterapkan Menentukan pembelajaran yang efektif dan jelas nenentukan materi pembelajaran Al qur an Hadits secara bertahap menentukan metode yang diajarkan kepada murid Dalam bentuk peruahan nilai mereka ada semakin meningkatkan dan ada yang menurun kebanyakan marid nilai makin naik terkadang umurnd itu mudah menangkap pelajaran yang berbasist agamus dari pada umum. Pola pikir anak ini berbeda-beda dan tidak bisa disamakan dengan murid yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Asnah, M.A dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Media; Informasi teknologi; al-Qur’an Hadits
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 May 2024 07:24
Last Modified: 28 May 2024 07:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10503

Actions (login required)

View Item View Item