Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi syariah pada PT Bank Panin Dubai Syariah Indonesia tahun 2015-2022

Tambak, Indah Indriani (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi syariah pada PT Bank Panin Dubai Syariah Indonesia tahun 2015-2022. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tingkat obligasi syariah yang dapat menimbulkan suatu risiko gagal bayar (default risk). Tingkat obligasi syariah dikeluarkan oleh lembaga yang secara khusus bertugas memberikan peringkat atas semua obligasi yang diterbitkan perusahaan. Semua obligasi yang diterbitkan wajib diberi tingkat sedemikian agar dengan adanya tingkat tersebut maka investor dapat mengukur atau memperkirakan seberapa besar risiko yang akan dihadapi dengan membeli obligasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat obligasi syariah pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio profitabilitas (ROA), rasio solvabilitas (DER), ukuran perusahaan (Firm Size). Sedangkan untuk variabel dependen yang digunakan yaitu tingkat obligasi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data skunder. Populasi dan sampel sebanyak 32. Diolah menggunakan perhitungan SPSS Versi 23. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji deskriPTif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, uji koefisien determinasi R2, Uji regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap tingkat obligasi syariah, rasio solvabilitas berpengaruh positif terhadap tingkat obligasi syariah, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat obligasi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E
Keywords: ROA; DER; Firm size; Tingkat obligasi syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012723 Shukuk (Islamic Bond/Obligation)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 May 2024 04:37
Last Modified: 27 May 2024 04:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10491

Actions (login required)

View Item View Item