Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V MIN Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Amnil Wardiah (2024) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V MIN Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V MIN Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Berdasarakan kondisi awal melalui hasil observasi hasil belajar siswa masih dibawah 70% dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih kurang bervariasi. Sehingga membuat siswa kurang aktif dalam belajar. Adapun Salah satu media pembelajaran adalah media audio visual yang merupakan media yang efektif dalam memaparkan materi pembelajaran IPS melalui media audio visual dan berdiskusi serta kerjasama di kelas dapat memotivasi siswa untuk belajar. Dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPS siswa lebih tertarik dan suasana belajar lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V dengan menggunakan media audio visual di MIN Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Solusi yang diberikan dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS sesuai dengan KKM yang berlaku di MIN Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas.. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran. Penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari awal (Pra Siklus), siklus I, dan siklus II. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini ditunjukkan untuk siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 30 perempuan dan 18 laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil pelajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata dan nilai klasikal siswa yang terdapat pada kegiatan prasiklus sebanyak 32% dengan nilai rata-rata 57, siklus pertama sebanyak 60% dengan rata-rata 66 dan siklus kedua sebanyak 79% dengan rata-rata 76. Hal ini penelitian mengamati hasil evaluasi pada siklus ke dua ternyata peserta didik sudah menunjukkan peningkatan meskipun tidak signifikan akan tetapi sudah memenuhi nilai standar KKM yaitu 70. Tingkat keberhasilan sudah mencapai 79%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio Visual pada pembelajaran IPS siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Media audio visual; Hasil belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2024 08:34
Last Modified: 14 May 2024 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item