Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualiatas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Batubara, Latipa Usla (2019) Pengaruh kualiatas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat ditandai dengan pertumbuhan industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Semakin berkembang industri perbankan maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Salah satu usaha jasa yang menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat adalah jasa pelayanan keuangan. Maka usaha jasa selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai nasabah juga harus mengedepankan kepercayaan kepada masyarakat sebagai nasabahnya. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah nasabah yang menggunakan produk Tabungan Sahabat cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat. Hal ini disebabkan banyak nasabah yang tidak aktif menabung bahkan banyak yang menutup rekeningnya. Jadi walaupun ada nasabah baru tetapi jumlah nasabah relatif tidak bertambah karena diimbangi dengan banyaknya rekening yang tutup. Oleh karena itu,salah satu diferensiasi yang sangat penting dan harus dimiliki oleh bank syariah adalah unggul dalam layanan. Bagi nasabah, pelayanan yang bermutu sangat penting. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi sederhana, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 83 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah convience sampling.Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,690 artinya 69% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 31% dijelaskan oleh varibel lain diluar yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa secara parsial etika memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah/masyarakat yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung> ttabel(13,413>1,663) atau Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kualitas pelayanan; loyalitas nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 28 Apr 2020 10:37
Last Modified: 28 Apr 2020 10:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item