Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa di Kelas VI MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu

Tanjung, Maharani Balkis (2024) Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa di Kelas VI MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu yang belum memiliki tenaga pelaksana layanan bimbingan dan konseling secara khusus. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling masih dilaksanakan oleh guru kelas yang dikoordinir oleh kepala madrasah dan terintregitas dalam proses pembelajaran serta hanya terfokus pada layanan bimbingan kelompok, sehingga siswa yang mengalami masalah dalam belajar yang disebabkan oleh berbagai faktor individu baik dari dalam dirinya, orang tuanya ataupun lingkungannya belum mendapatkan layanan secara optimal dan berdampak pada kegiatan belajar serta prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa di kelas VI MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto yaitu penelitian yang menguji apa yang telah terjadi pada subjek. Data layanan bimbingan dan konseling dikumpulkan dari penyebaran angket instrumen yaitu angket tentang layanan bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar siswa yang dilakukan terhadap sampel, lalu data prestasi belajar siswa diperoleh dengan studi dokumentasi nilai siswa dari buku penilaian guru. Hasil yang diperoleh adalah program layanan bimbingan dan konseling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas VI MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu. Tingkat pencapaian pada layanan bimbingan dan konseling dapat dikatan baik dengan persentase 78%. Bahkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MIN 3 Kabupaten Labuhanbatu tergolong baik, namun meskipun begitu tetap memerlukan tenaga profesioanl. Semakin intensif pemberian layanan bimbingan dan konseling maka semakin tinggi peningkatan prestasi belajar siswa. Layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara maksimal, dapat membantu memotivasi siswa untuk belajar dengan giat dan rajin. Sehingga, layanan bimbingan dan konseling ini akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tidak hanya meningkatkan prestasi belajar siswa, layanan bimbingan dan konseling juga dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Layanan bimbingan dan konseling; Prestasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2024 01:59
Last Modified: 14 May 2024 01:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item