Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi geometri bangun ruang di Kelas XII MAN 1 Padangsidimpuan

Hasibuan, Siti Ermaida (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi geometri bangun ruang di Kelas XII MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya LKPD khusus yang memuat LKPD berdasarkan model pembelajaran project based learning (PjBL) di kelas XII MAN 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang susunan LKPD dan mengetahui kualitas dari LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan dessiminate. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes hasil belajar. Seluruh data yang terkumpul akan dianalisis validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PjBL) pada materi geometri bangun ruang layak digunakan sebagai bahan ajar matematika di kelas XII MAN 1 Padangsidimpuan. 2) Pembelajaran dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PjBL) pada materi geometri bangun ruang menarik, memudahkan, dan bermanfaat bagi peserta didik kelas XII dan guru matematika di MAN 1 Padangsidimpuan. 3) Pembelajaran dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PjBL) pada materi geometri bangun ruang berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII di MAN 1 Padangsidimpuan.Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa LKPD dapat digunakan sebagai bahan ajar geometri bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Project Based Learning (PjBL); Geometri bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:08
Last Modified: 29 Apr 2024 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item