Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh premi dan dana tabarru’ terhadap pertumbuhan aset asuransi umum syariah di Indonesia tahun 2017-2022

Harahap, Basyaruddin Alam (2023) Pengaruh premi dan dana tabarru’ terhadap pertumbuhan aset asuransi umum syariah di Indonesia tahun 2017-2022. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan aset dihitung sebagai persentase perubahan aset pada saat tertentu terhadap tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset perusahaan adalah perubahan peningkatan atau penurunan total aset yang dimiliki oleh perusahaan. Pada tahun 2017-2018 terjadinya fenomena yaitu pertumbuhan aset mengalami peningkatan, premi dan dana tabarru’ pada tahun 2017-2018 mengalami peningkatan, sedangkan tahun 2019 pertumbuhan aset mengalami menurun yang tidak sesuai dengan teori. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh premi dan dana tabarru’ terhadap pertumbuhan aset pada asuransi Syariah di Indonesia periode 2017-2022 secara persial dan simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh premi dan dana tabarru’ terhadap pertumbuhan aset pada asuransi Syariah di indonesia periode 2017-2022 secara persial dan simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif data yang digunakan yaitu data sekunder dimana desain penelitian ini termasuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini ada 6 perusahaan asuransi umum syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia pada tahun 2023 dan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Sedangkan sampelnya sebanyak 36. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Teknik analisis data menggunakan analisi data panel, Uji F, Uji t, dan Uji R2. Hasil penelitian secara Persial (Uji t) menunjukkan bahwa premi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan aset pada asuransi Syariah di Indonesia. Sedangkan dana tabarru’ berpengaruh terhadap pertumbuhan aset pada asuransi syariah di indonesia. Hasil penelitian secara Simultan (Uji F) premi dan dana tabarru’ berpengaruh secara bersama-sama terhadap pertumbuhan aset pada asuransi Syariah di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa variabel premi tidak berpengaruh karena pengembangan kebijakan risiko yang lebih baik, peningkatan pemantauan risiko, dan pengembangan rencana kontingensi untuk menghadapi risiko yang timbul. Sedangkan Dana Tabarru’ berpengaruh menandakan kinerja aset mereka untuk memastikan bahwa dana yang dihasilkan dari aset asuransi syariah adalah yang terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlillah Nasution, M.Pd dan Rizal Ma’ruf Amidy Siregar, M.M
Keywords: Dana tabarru’; Pertumbuhan asset; Premi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012722 al-Takaful (Islamic Insurance)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:14
Last Modified: 19 Apr 2024 09:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item