Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran merger dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan

Fadilah, Siti (2023) Peran merger dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100307.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Merger diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional. Dengan menggabungkan dua perusahaan maka dapat menggabungkan sumber daya dan sistem keduanya. Hal ini dapat mengarah pada peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada nasabah. Selain itu, merger juga menggabungkan keahlian dan pengalaman kedua perusahaan, ini bisa berdampak positif pada kepuasan nasabah karena nasabah mendapatkan layanan yang lebih baik dan inovatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran merger dalam meningkatkan kualitas layanan dan apakah merger berdampak positif pada kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran merger dalam meningkatkan kualitas layanan serta dampak merger pada kepuasan nasabah. Penelitian ini berkaitan dengan bidang penguatan perusahaan dan strategi pemasaran. Teori yang digunakan adalah CARTER dengan didasari enam dimensi yaitu compliance, assurance, reliability, tangibility, empathy, dan responsiveness. Teori tersebut bertujuan untuk menganalisis bagaimana merger dapat mempengaruhi persepsi nasabah terhadap kualitas layanan serta dampaknya terhadap tingkat kepuasan mereka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat lapangan (field research), dengan sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik observasi ke lapangan, wawancara dengan karyawan Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan bagian Operasional maupun nasabah serta dokumentasi. Untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa merger memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas layanan. Dari hasil analisis data, ditemukan ada tiga peran merger dalam meningkatkan kualitas layanan di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan yaitu peningkatan teknologi informasi, memperluas jangkauan pasar dan keuntungan ekonomi. Untuk dampak positif merger pada kepuasan nasabah, disimpulkan bahwa nasabah tidak merasakan ada peningkatan kepuasan atau dapat diartikan sama saja sebelum dan setelah adanya merger. Dari semua persepsi nasabah yang telah diwawancarai dampak positif yang ditimbulkan oleh merger ini yaitu pengenalan bank syariah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Kepuasan nasabah; Kualitas layanan; Merger
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:56
Last Modified: 18 Apr 2024 03:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item