Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pembelajaran IPS di MIN 2 Padangsidimpuan

Harahap, Auliyana Rahmah (2023) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pembelajaran IPS di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan, terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, hal tersebut disebabkan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran karena guru kelas yang masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Dari hal ini siswa juga kurang dalam menguasai materi selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori belajar menurut Taksonomi Bloom. Dalam menilai hasil belajar siswa pada ranah kognitif dibagi menjadi enam jenjang proses berpikir yaitu: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang dilakukan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menggunakan model kooperatif tipe talking stick hanya 21,42% (6 siswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 78,54% (22 siswa) tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus I sudah mulai ada peningkatan hasil belajar siswa seperti semangat belajar dan mulai memahami materi. Dengan siswa yang tuntas 68,21% (13 siswa) dan 53,57% (15 siswa) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 10.35. Pada siklus II hasil belajar meningkat jauh karena adanya daya tarik siswa dalam belajar dan dapat menjawab pertanyaan. Dimana siswa memenuhi ketuntasan KKM 82% (23 Siswa) tuntas dan 17.86% (5 siswa) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81.07 dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil belajar IPS; Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:36
Last Modified: 17 Apr 2024 04:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item