Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat Desa Sisalean Kecamatan Barumun Barat menggunakan produk bank syariah

Pane, Fitrah Yusmiari (2023) Persepsi masyarakat Desa Sisalean Kecamatan Barumun Barat menggunakan produk bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Persepsi masyarakat di Desa Sisalean Kecamatan Barumun Barat yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam tentang bank syariah kurang baik. Tingkat pemahaman yang rendah memberikan gambaran bahwa terdapat persoalan dalam pengetahuan. Masyarakat tidak tertarik dengan bank syariah karena kurangnya pengetahuan tentang bank syariah, tidak memahami tentang bank syariah, dan juga produk-produk yang ditawarkan bank syariah ke masyarakat masih tidak dimengerti. Dan konsep bagi hasil dan haramnya bunga dalam bank konvensional. Banyak juga dari masyarakat Desa Sisalean yang belum bisa membedakan Bank Syariah dengan Bank Konvensional, sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Sisalean Kecamatan Barumun Barat Menggunakan Produk Bank Syariah. Landasan teori menjelaskan tentang teori-teori yang berkaitan dengan manajemen Perbankan Syariah, dimana membahas seputar pengertian persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut serta membahas seputar Bank Syariah dan produk-produk yang ada di Bank Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Padangmatinggi yang terdiri dari 20 informan dengan Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan data primer yang mana data primer ini terdiri dari hasil wawancara terhadap 20 orang subjek penelitian yang dipilih atas kriteria sesuai dengan teori dalam penelitian ini yaitu latar belakang pengetahuan, pendidikan, pekerjaan dan usia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman masyarakat di Desa Sisalean Kecamatan Barumun Barat tentang produk bank syariah masih tergolong rendah. Salah satu penyebab lemahnya persepsi masyarakat Desa Sisalean yaitu kurangnya kegiatan promosi. Banyaknya masyarakat berpendapat bahwa lebih mudah dan praktis di bank konvensional karena sudah lama menggunakan tabungan atau meminjam walaupun dengan adanya bunga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Persepsi; Produk; Bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:48
Last Modified: 02 Apr 2024 05:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item