Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas layanan pegadaian syariah digital service dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Siringo-Ringo Rantauprapat

Hartati, Widya (2023) Efektivitas layanan pegadaian syariah digital service dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Siringo-Ringo Rantauprapat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Ilmu teknologi terus berkembang, hal ini dibuktikan dengan kemajuan teknologi berupa aplikasi dan transaksi via online. Namun tidak semua teknologi memberikan kemudahan dan memberikan dampak positif bagi penggunanya jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas layanan online yang diberikan Pegadaian Syariah Siringo-ringo melalui Layanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) dalam meningkatkan jumlah nasabah. Latar belakang masalah dalam peelitian ini adalah seringnya terjadi error pada aplikasi dan pelayanan yang belum sesuai dengan prosedur. Teori-teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori efektivitas, dan teori pelayanan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas layanan PSDS ditinjau melalui 7 dimensi yaitu efisiensi, reliabilitas, fullfilment, privasi, daya tanggap, kompensasi, dan kontak. Dari ketujuh dimensi tersebut terdapat 2 dimensi yang belum tercapai secara maksimal yaitu reliabilitas/ keandalan dan daya tanggap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini sebagian besar sudah beroperasi sesuai kegunaannya walaupun belum sepenuhnya efektif dalam mempermudah transaksi. Aplikasi ini tidak benar-benar efektive menambah jumlah nasabah dikarenakan masih minimnya pengetahuan nasabah mengenai fungsi dari aplikasi ini. Kemudian peningkatan jumlah nasabah yang terjadi tidak terlalu melonjak namun terus ada pertambahan setiap tahunnya, baik itu nasabah tabungan emas, gadai dll. Sejauh ini aplikasi PSDS sudah memenuhi ekspektasi yaitu menyasar pelanggan di kalangan anak muda atau milenial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhmmad Isa, S.T., M.M dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Efektivitas; Pegadaian Syariah Digital Services (PSDS); Pelayanan; Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:37
Last Modified: 02 Apr 2024 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10390

Actions (login required)

View Item View Item