Siregar, Mei Sarah (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode role playing dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 100208 Siamporik Dolok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa masih rendah dengan persentase siswa tidak tuntas sebesar 56,25% sedangkan persentase siswa yang tuntas hanya sebesar 43,75%. Hal ini disebabkan oleh kurangnya semangat dan konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat kepada guru dan kurang melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dengan menggunakan metode role playing diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 100208 Siamporik Dolok Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui metode role playing dalam pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 100208 Siamporik Dolok Kabupaten Tapanuli Sela Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes pilihan berganda dan observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui metode role playing dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 31,25%. Pada siklus I pertemuan 1 meningat menjadi 6 siswa dengan pesentase 37,5%. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 6 siswa yang tuntas menjadi 7 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 43,75%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 68,75% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 13 siswa dengan persentase sebesar 81,25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Role playing; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 07:50 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 07:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10385 |
Actions (login required)
View Item |