Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah terhadap pofitabilitas bank umum syariah

Lubis, Rini Antika (2023) Pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah terhadap pofitabilitas bank umum syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Profitabilitas merupakan salah satu indikator yang tepat untuk mengukur kinerja perusahaan karena kemampuan perusahaan menghasilkan laba dapat menjadi tolak ukur kinerja perusahaan. Dari data SPS yang telah dianalisis oleh peneliti ditemukan bahwa pembiayaan mudharabah mengalami penurunan pada setiap tahunnya tetapi dilihat dari data SPS profitabilitas mengalami kenaikan setiap tahunnya. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnnya, dapat diketahui bahwa masih terdapat ikonsistensi dari hasil penelitian-penelitian sebelumnnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Imeh Siti Fatimah menjelaskan bahwa pembiayaan mudharabah, musyarakah terhadap laba bersih pada Bank Umum Syariah menunjukkan bahwa mudharabah berpengaruh positif terhadap laba bersih. Pada penelitian yang dilakukan oleh Wahyuningsih menyatakan bahwa hasil pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif terhadap Return On Asset. Aisyah dkk. menyatakan pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Penelitian oleh Haq yang menyatakan pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Ada peneliti lain yang menyatakan hasil bertolak belakang dengan penelitian diatas, dilakukan oleh Aisyah dkk. yang menyatakan pembiayaan murabahah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas Penelitian ini merupakan kelanjutan penelitian-penelitian terdahulu yang telah memperoleh simpulan tentang mempengaruhi profitabilitas. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah.Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan profitabilitas sehubungan dengan itu teori yang mengatakan bahwa Mudharabah berpengaruh terhadap profitabilitas, Musyarakah berpengaruh terhadap profitabilitas dan Murabahah berpengaruh terhadap profitabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan data time series sebanyak 60 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji analisis asumsi klasik, regresi liner berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Mudharabah (X1) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (Y). Musyarakah (X2) berpengaruh terhadap profitabilitas (Y), Murabahah (X3) berpengaruh terhadap profitabilitas (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan M. Fauzan, M.E.I
Keywords: Mudharabah; Musyarakah; Murabahah; Profitabilitas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:22
Last Modified: 01 Apr 2024 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item