Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan

Yuspita, Nanda (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa kurang mendengarkan guru yang sedang mengajar di kelas, menganggap pelajaran IPS adalah pembelajaran yang cukup membosankan dan susah untuk dimengerti serta kurangnya antusias siswa. Guru juga belum dapat memanfaatkan, memilih model pembelajaran yang inovatif. Sehingga perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Rumusan masalah dalam penelitiannya yaitu apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kurt Lewin. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan dengan jumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata siswa adalah 56 atau sebesar 32%. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 63,6 atau sebesar 52% artinya mengalami peningkatan dari kondisi awal. Setelah dilaksanakan refleksi pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 81,6 atau sebesar 84%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran talking stick; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:10
Last Modified: 27 Mar 2024 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item