Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 200503 Padangsidimpuan

Barat, Ummi Sutina H. (2023) Penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 200503 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 200503 Padang Sidempuan. Latar belakang masalah terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa di kelas V dalam pembelajaran IPS. Masih menemukan banyak kendala terutama masalah membaca dan mencatat yang diberikan oleh guru disekolah. Diharapkan melalui penerapan model pembelajaran PQ4R ini dapat membantu siswa dalam belajar. Siswa akan lebih mudah mengingat materi pelajaran saat mengerjakan tes dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 200503 Padang Sidempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelas V SDN 200503 Padang Sidempuan. Penelitian ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) , menggunakan sampel siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Dalam penelitian ini siswa dibimbing untuk memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran PQ4R. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PQ4R dapat mendorong siswa lebih mudah mengingat materi pelajaraan saat mengerjakan tes dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui ada peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Dilihat dari hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar siswa; Pembelajaran IPS; Model pembelajaran PQ4R
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:24
Last Modified: 26 Mar 2024 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item