Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap minat beli makanan halal Desa Simirik Kota Padangsidimpuan

Ardiansah, Budy (2023) Pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap minat beli makanan halal Desa Simirik Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ada di Desa Simirik Kota Padangsidimpuan yang terkesan masyarakatnya kurang memperhatikan kehalalan suatu makanan yang dikonsumsi atau produknya benar-benar halal dan nutrisi-nutrisi yang dikandungnya tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan secara syariah sehingga produk tersebut boleh dikonsumsi. masyarakat masih bersikap masa bodoh dalam mengkomsumsi berbagai macam produk makanan dipasaran dikarenakan sosialisasi produk berlabel halal masih sangat kurang. masih banyak masyarakat saat membeli makanan tidak terlebih dahulu memperhatikan kehalalan makanan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Muslim Desa Simirik Kota Padangsidimpuan. dan diambil sebanyak 92 responden dengan menggunakan simple random sampling atau sampling random sederhana, yaitu pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi yang dipilih untuk menjadi sampel. Teknik pernarikan sampel dihitung dengan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, Uji Koefisien Determinasi ( uji R²), uji hipotesis ( uji t dan uji f ), dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Sertifikasi Halal mempunyai pengaruh terhadap minat beli makanan halal, secara parsial variabel Kesadaran Halal mempunyai pengaruh terhadap minat beli makanan halal, dan Berdasarkan hasil Uji simultan variabel Sertifilkasi Halal dan Kesadaran Halal mempunyai pengaruh terhadap minat beli makanan halal di desa Simirik Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Makanan halal; Minat beli; Sertifikasi halal; Kesadaran halal
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:05
Last Modified: 26 Mar 2024 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item