Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Indonesia (studi kasus mahasiswa FTIK angkatan tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan)

Hasibuan, Rohma Sari (2023) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Indonesia (studi kasus mahasiswa FTIK angkatan tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Minat adalah minat yang timbul dari diri sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh pengetahuan, promosi, reputasi dan religiusitas terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Indonesia (Mahasiswa FTIK Angkatan Tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan)? Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui apakah pengetahuan, promosi, reputasi dan religiusitas mempengaruhi minat mahasiswa FTIK Angkatan Tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan dalam menabung di Bank Syariah Indonesia. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori minat menabung membahas mengenai minat menabung, macam-macam minat, indikator minat, faktor-faktor yang mempengaruhi minat, aspek-aspek minat, minat dalam perspektif Islam. Teori pengetahuan membahas tentang pengertian dan jenis pengetahuan. Teori promosi membahas tentang pengertian dan indikator promosi. Teori reputasi membahas tentang pengertian dan dimensi reputasi. Teori religitusitas membahas tentang pengertian, dimensi dan faktor yang mempengaruhi religiusitas. Teori Bank Syariah membahas tentang pengertian dan produk-produk Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode-metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden mahasiswa FTIK Angkatan Tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan. SPSS Versi 23 digunakan untuk analisis data dalam beberapa tahapan, meliputi uji analisis data, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Indonesia, sedangkan variabel promosi, reputasi dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa FTIK Angkatan Tahun 2020 UIN Syahada Padangsidimpuan untuk menabung di Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Minat menabung; Pengetahuan; Promosi; Reputasi; Religiusitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:48
Last Modified: 21 Mar 2024 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item View Item