Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis peran financial technology (FINTECH) dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Padangsidimpuan

Tanjung, Nurhikmah (2023) Analisis peran financial technology (FINTECH) dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100233.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padangsidimpuan dalam melakukan transaksi pembayaran maupun pemasaran produk menggunakan sistem teknologi yaitu financial technology. Salah satu peran financial technology ini sangat memudahkan dalam transaksi pembayaran serta membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan akses dunia perbankan membuat bisnis UMKM menjadi lebih mudah. Sehingga peneliti berusaha menganalisis bagaimana peran financial technology dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan financial technology dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Padangsidimpuan.Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori financial technology, manfaat financial technology, keuntungan financial technology menurut bank indonesia, ekosistem fintech, produk produk fintech, resiko financial technology, kelebihan menggunakan fintech, kekurangan menggunakan fintech, dan faktor penyebab perkembangan financial technology dan teori teori lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, instrumen pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padangsidimpuan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa financial technology (fintech) memiliki peran terhadap pengembangan UMKM di Kota Padangsidimpuan, dengan pengetahuan financial technology yang baik oleh pelaku usaha sehingga bisa memanfaatkan financial technology untuk memperluas pemasaran produk lewat publikasi media sosial, dan didorong dengan adanya pembayaran menggunakan QRIS yang praktis dan efisien. Pelaku UMKM menyadari pengetahuan tentang fungsi, manfaat dan kegunaan financial technology apabila digunakan dalam melakukan transaksi dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi dalam menjalankan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kemudahan pembukuan sehingga memudahkan pelaku usaha untuk melihat keuntungan hariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E. M.Si. M. Yarham, M.H
Keywords: Analisis; Financial technology; Usaha Mikro Kecil Menengah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:57
Last Modified: 20 Mar 2024 01:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item