Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Preferensi dan sikap pedagang muslim dalam memutuskan pinjaman pada rentenir (studi kasus Kelurahan Sihitang Lingkungan I Kota Padangsidimpuan)

Sari, Ranti Aulya Komala (2023) Preferensi dan sikap pedagang muslim dalam memutuskan pinjaman pada rentenir (studi kasus Kelurahan Sihitang Lingkungan I Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya preferensi dan sikap pedagang muslim di Kelurahan Sihitang, Lingkungan I Kota Padangsidimpuan dalam memutuskan pinjaman pada rentenir, padahal lembaga keuangan syariah memberikan pinjaman modal usaha yang didasari oleh nilai-nilai keadilan dengan adanya bagi hasil dan pengembalian margin yang disepakati bersama. sedangkan pinjaman kepada rentenir akan membebani mereka dalam membayar kembali pinjaman modal berikutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana preferensi dan sikap pedagang muslim dalam memutuskan pinjaman kepada rentenir di Kelurahan Sihitang, Lingkungan I Kota Padangsidimpuan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi dan sikap pedagang muslim di Kelurahan Sihitang Lingkungan I Kota Padangsidimpuan dalam memutuskan pinjaman kepada rentenir. Penelitian ini membahas tentang preferensi dan sikap pedagang muslim di Kelurahan Sihitang Lingkungan I Kota Padangsidimpuan dalam memutuskan pinjaman kepada rentenir. Tinjauan teorinya adalah preferensi, sikap, pedagang, pemberi pinjaman dan rentenir. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi yang dilakukan penelitian terhadap 15 orang pedagang muslim di Kelurahan Sihitang, Lingkungan I Kota Padangsidimpuan yang memutuskan meminjam pada rentenir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi preferensi pedagang muslim dalam memutuskan pinjaman pada rentenir di Kelurahan Sihitang Lingkungan I Kota Padangsidimpuan adalah mereka menganggap pinjaman yang mereka lakukan kepada rentenir merupakan pilihan berdasarkan kepentingan, keinginan, agar usaha yang mereka jalankan tidak akan mengalami hambatan dan adanya rasa yang didapat karena kemudahan dalam peminjaman serta proses pengurusan persyaratannya pun tidak terasa sulit. Sikap yang mereka sampaikan adalah mereka menganggap kegiatan pinjam meminjam yang mereka lakukan kepada rentenir didasarkan pada pemahaman, pertimbangan dan pengalaman. Karena kehadirannya sangat membantu dan menjadikannya pilihan utama ketika ada kebutuhan mendesak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Preferensi; Sikap; Pedagang; Pinjaman; Rentenir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012704 al-Riba (Interest)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:45
Last Modified: 20 Mar 2024 01:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item