Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah pada cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok

Anggraini, Deswita (2023) Pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah pada cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Fluktuasi harga emas adalah perubahan yang terjadi mengenai harga jual dan beli terhadap komoditas emas murni. Sedangkan promosi merupakan cara untuk memberitahukan nasyarakat tentang apa itu produk cicil emas dan fungsinya. Kedua hal ini sangat dibutuhkan oleh pihak Perusahaan salah satunya Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok untuk menarik minat nasabah. Beberapa penelitian yang telah ada dan dari fenomena yang ada bahwa instrument investasi emas memiliki cukup banyak peminat. Namun kendala pada investasi emas sendiri adalah keterbatasan modal dan keinginan nasabah yang mengiginkan investasi yang minim resiko. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah populasi 62 nasabah yang ditentukan dengan menggunakan rumus taro yamane. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrumen dan Teknik Analisis Data dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah memilih Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok. Sementara secara simultan fluktuasi harga emas dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah memilih Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rosnani Siregar, M.Ag dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Fluktuasi harga emas; Promosi; Minat nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:45
Last Modified: 19 Mar 2024 07:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item