Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat muslim terhadap pinjaman berbunga pada PT PNM Mekaar di Kelurahan Lobusona Kabupaten Labuhanbatu

Hasibuan, Ma’rufa Inayah (2023) Persepsi masyarakat muslim terhadap pinjaman berbunga pada PT PNM Mekaar di Kelurahan Lobusona Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, fenomena yang terjadi yaitu masyarakat muslim di Kelurahan Lobusona Kota Rantauprapat beranggapan bahwa pinjaman berbunga pada PT. PNM Mekaar itu tidak berpengaruh negatif terhadap minat masyarakat melakukan pinjaman, dengan mengambil pinjaman akan membantu masyarakat yang kekurangan modal usaha. Riba tidak lagi menjadi alasan masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman pada PT. PNM Mekaar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat muslim terhadap pinjaman berbunga pada PT. PNM Mekaar di Kelurahan Lobusona Kabupaten Labuhanbatu dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong masyarakat muslim melakukan pinjaman Berbunga Pada PT PNM Mekaar di Kelurahan Lobusona Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat muslim Kelurahan Lobusona berjumlah 15 informan dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing serta teknik penjamin keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Persepsi masyarakat muslim di Kelurahan Lobusona terhadap pinjaman berbunga pada PT. PNM Mekaar, mayoritas mengatakan pinjaman berbunga adalah riba dan mengatakan boleh-boleh saja selama bunga yang diberikan dalam batas wajar dan sebagian informan tidak paham mengenai hukum bunga (riba). Riba tidak dianggap sebagai penghalang oleh masyarakat untuk tetap melakukan pinjaman berbunga pada PT. PNM Mekaar. Faktor pendorong masyarakat di Kelurahan Lobusona Kabupaten Labuhanbatu meminjam ke PT. PNM Mekaar yaitu: faktor modal usaha, faktor sosial, faktor kemudahan dan faktor pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan M. Yarham, M.H
Keywords: Persepsi; Masyarakat muslim; Bunga pinjaman; PNM Mekaar
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012704 al-Riba (Interest)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:15
Last Modified: 19 Mar 2024 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item