Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi dan prestasi belajar PPKn siswa dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas vi di UPTD SDS 054 Muhammadiyah Huta Bangun Kec. Bukit Malintang Kab. Mandailing Natal

Kholijah, Anni (2023) Peningkatan motivasi dan prestasi belajar PPKn siswa dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas vi di UPTD SDS 054 Muhammadiyah Huta Bangun Kec. Bukit Malintang Kab. Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah seringkali terjadi pada pembelajaran PPKn adalah kurngnya motivasi dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn dikarenakan pembelajaran PPKn ini memuat banyak materi dan bahasa yang kurang difahami siswa, sehingga akan berpengaruh terhadap nilai dan prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran Jigsaw. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn dan apakah dengan penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas VI di UPTD SDS 054 Muhammadiyah Hutabangun Kec. Bukit Malintang Kab. Mandailing Natal. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindkan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata didalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dikakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI UPTD SDS 054 Muhammadiyah Hutabangun, yaitu berjumlah 19 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan prestasi belajar PPKn siswa kelas VI UPTD SDS 054 Muhammadiyah Hutabangun. Pada data awal hasil belajar siswa 37% masih tergolong rendah, karena guru belum menerapkan model pembelajaran Jigsaw, pada siklus I hasil belajar siswa 38.4% mengalami sedikit kenaikan nilai yaitu masih tergolong rendah, Sedangkan pada siklus II guru sudah benar-benar menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan optimal, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat menjadi 75% tergolong tinggi. Ini berarti hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan. Artinya tindakan yang diberikan guru pada siklus II berdampak lebih baik dari tindakan pada siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Peningkatan; Motivasi dan prestasi; Jigsaw
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:59
Last Modified: 18 Mar 2024 06:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item