Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Fungsi PAMSIMAS dalam pemberdayaan masyarakat bidang keagamaan di Desa Aek Raso Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Harum, Wanda Wirada (2023) Fungsi PAMSIMAS dalam pemberdayaan masyarakat bidang keagamaan di Desa Aek Raso Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembangunan program PAMSIMAS di Desa Aek Raso Afdeling A Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Program ini berfungsi meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat, serta layanan akses air bersih terutama bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air yang dapat digunakan dalam setiap bidang kehidupan salah satunya bidang agama. Ketersediaan akses air bersih seharusnya difungsikan masyarakat muslim dalam mendukung aktifitas keagamaan, namun masyarakat belum menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat, partisipasi masyarakat dan evaluasi masyarakat dalam program PAMSIMAS untuk melihat fungsi PAMSIMAS dalam bidang keagamaan. Metode dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Data primer dalam penelitian ini berjumlah 21 masyarakat muslim pengguna PAMSIMAS. Data sekunder dalam penelitian ini berjumlah 5 orang masyarakat yang mengetahui tentang PAMSIMAS yaitu kepala desa, sekretaris desa, kepala dusun, pengurus pamsimas, dan tokoh masyarakat di Desa Aek Raso Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik yang menjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik re-observation dan re-interview, dan triangulasi yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, program PAMSIMAS sangat disambut baik oleh masyarakat dan berjalan dengan baik dan cukup lancar. Program ini berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat memenuhi kebutuhan air dan membantu masyarakat dalam kegiatan keagamaan. Masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan dimulai dari pengenalan program melalui kegiatan sosialisasi, penentuan lokasi menara sumur bor PAMSIMAS sampai dengan gotong royong menggali dan membuat saluran pipa. PAMSIMAS berfungsi dengan baik namun masyarakat belum menunjukkan peningkatan diri sepenuhnya di bidang keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anas Habibi Ritonga, M.A dan Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I
Keywords: Fungsi PAMSIMAS; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:26
Last Modified: 18 Mar 2024 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item