Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran pop-up book dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada tema indahnya kebersamaan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial Kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara

Simanungkalit, Yolanda P. (2023) Penggunaan media pembelajaran pop-up book dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada tema indahnya kebersamaan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial Kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas. Hal ini diduga oleh proses pembelajaran yang monoton, kurangnya perhatian peserta didik, tidak memberikan motivasi terlebih dahulu, atau tidak mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak bervariasi dan tidak menarik perhatian (minat) peserta didik, serta guru tidak menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan media pop-up book dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara dengan materi keberagaman budaya Indonesia. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan media pop-up book dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara, tahun ajaran 2023 yang terdiri dari 16 peserta didik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklus. Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata minat belajar peserta didik kelas IV dari pra siklus ke siklus berikutnya. Pada pra siklus menunjukkan angka 30,00 dengan kategori minat belajar rendah, siklus I menunjukkan angka 45,50 dengan kategori minat belajar sedang, dan siklus II menunjukkan angka 72,22 dengan kategori minat belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran pop-up book; Minat belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:54
Last Modified: 14 Mar 2024 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item