Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan bank syariah menyelesaikan pembiayaan bermasalah pada usaha mikro kecil dan menengah (studi kasus Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan)

Shodikin, M. Sidik (2023) Analisis kemampuan bank syariah menyelesaikan pembiayaan bermasalah pada usaha mikro kecil dan menengah (studi kasus Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100297.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sistem keuangan merupakan bagian perekonomian yang berfungsi mengalokasikan dana dari pihak yang mengalami kelebihan dana (surplus) kepada pihak yang mengalami kekurangan dana (deficit). Dengan itu Bank Syariah hadir untuk memberikan pembiayaan UMKM guna membantu permasalahan permodalan bagi masyarakat UMKM. Dalam pemberian pinjaman kapada nasabah UMKM bank syariah menerapkan prinsip pembiayaan yang didasarkan pada 5C, guna meminimalisisr terjadinya pembiayaan bermasalah. 5C tersebut adalah, character, capacity, capital, collateral, dan condition. Teori yang digunakan adalah teori pembiayaan bermasalah, pembiayaan bermasalah adalah tidak kembalinya pokok pembiayaan dan tidak mendapat imbalan, ujrah, atau bagi hasil sebagaimana telah disepakati dalam akad pembiayaan antara bank syariah dan nasabah penerima fasilitas. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara serta menganalisanya dengan logika ilmiah. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank syariah mampu menyelesaikan pembiayaan pada UMKM, dikarenakan bank syariah tidak terlalu membebani masyarakat UMKM dalam pembayaran angsuran tiap bulannya. Dengan cara tersebut masyarakat UMKM akan lebih transparan terhadap bank syariah dalam penghasilan bulanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Analisis; Bank syariah; Pembiayaan bermasalah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:46
Last Modified: 14 Mar 2024 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item