Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Nasution, Leli Safitri (2023) Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100183.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadi gesekan sosial akibat perbedaan pandangan tentang masalah agama yang terjadi di Indonesia. Keanekaragaman adat, sikap, tingkah laku, sudut pandang yang berbeda dan keyakinan agama yang sangat tidak menghargai martabat manusia. Saat ini masih banyak terjadi berbagai kejadian yang berujung pada hinaan, bahkan saling pukul karena menghina agama. Permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekitar harus segera diselesaikan. Oleh karena itu penting untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut jika ingin tercipta kerukunan yaitu dengan moderasi beragama di masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana sikap moderasi beragama dalam komponen kognitif, afektif dan konatif pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap moderasi beragama pada mahasiswa dalm komponen kognitif, afektif dan konatif di STAIN MADINA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kombinasi (Mixed Methods) model urutan penemuan analisis kuantitatif sebagai metode utama dan kualitatif menjelaskan lebih dalam tentang data kuantitatif (Sequentil Explanatory). Objek penelitian yang digunakan yaitu mahasiwa PAI dengan jumlah sampel 78 responden dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil uji hipotesis komponen kognitif Zhitung = 76,181 ≥ Ztabel = 1,65 dengan p = 0,000 ≤ 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sikap moderasi beragama komponen kognitif sebesar 62% dalam kategori “tinggi” yang ditandai dengan mahasiswa dapat mengetahui nilai – nilai moderasi beragama seperti musyawarah, I’tidal dan tasamuh, serta mahasiswa mampu memahami apa itu moderasi beragama. Komponen afektif Zhitung = 65,720 ≥ Ztabel = 1,65 dengan p = 0,000 ≤ 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sikap moderasi beragama kompon afektif sebesar 64% dalam kategori “tinggi” yang ditandai dengan mahasiswa menerima perbedaan pendapat antar mahasiswa di dalam kampus dan merespon secara baik walaupun berbeda paham. Komponen konatif Zhitung = 79,587 ≥ Ztabel = 1,65 dengan p = 0,000 ≤ 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sikap moderasi beragama komponen konatif sebesar 66% dalam kategori “tinggi” yang ditandai dengan mahasiwa tidak pernah bersikap anarkis apabila berselisih paham di dalam kampus dan selalu bersikap toleran baik di lingkungan kampus aupun di luar kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Sikap; Moderasi beragama; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:59
Last Modified: 06 Mar 2024 01:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item