Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi multi akad (hybrid contract) pada pembiayaan murabahah bil wakalah di Bank SUMUT Syariah Sibolga berdasarkan fatwa DSN MUI

Lubis, Chairun Nisya (2023) Implementasi multi akad (hybrid contract) pada pembiayaan murabahah bil wakalah di Bank SUMUT Syariah Sibolga berdasarkan fatwa DSN MUI. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Akad murabahah bil wakalah di Bank Sumut Syariah Sibolga pada produk pembiayaan BMG sepeda motor Hanya ASN / PNS yang bisa melakukan pembiayaan BMG sepeda motor dan dan tidak dengan profesi yang lain. Dari sini dapat diangkat masalah dalam penelitian ini, terdapat ketidakadilan dalam masalah ini. Kenapa dalam pembiayaan BMG sepeda motor hanya ASN/ PNS yang dapat melakukan pembiayaan, kenapa profesi lain tidak dapat?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui implementasi multi akad (hybrid contract) pada pembiayaan murabahah bil wakalah di Bank Sumut Syariah Sibolga dan Untuk mengetahui tinjauan fatwa DSN MUI tentang implementasi multi akad (hybrid contract) pada pembiayaan murabahah bil wakalah di Bank Sumut Syariah Sibolga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan sumber data primer yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang langsung dilakukan di lokasi penelitian yaitu pada Bank Sumut Syariah Sibolga. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, menunjukkan bahwa prosedur pembiayaan BMG sepeda motor yang menggunakan akad murabahah bil wakalah dalam Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 sebagaimana seperti yang telah dijelaskan diatas. Jika Bank menggunakan akad wakalah untuk memberikan kuasanya kepada Nasabah untuk membeli barang, maka akad murabahah hanya bisa dilaksanakan ketika barang sudah ada dan sah menjadi milik Bank atau ketika proses wakalah selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Implementasi; Murabahah bil wakalah; Fatwa DSN-MUI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012709 al-Wakalah (Penyerahan Mandat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:05
Last Modified: 05 Mar 2024 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item