Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh citra merk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Nike (studi Kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)

Rahman, Abdul (2019) Pengaruh citra merk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Nike (studi Kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Keputusan untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh citra merk dan harga produk tersebut. Tuntutan permintaan akan sebuah produk yang semakin berkualitas membuat perusahaan semakin meningkatkan kualiatas produk dan mempertahankan brand image. Rumusan masalah penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh citra merk dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepatu Nike?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merk dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepatu Nike. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian sepatu Nike yang meliputi citra merk dan harga serta aspek-aspek bagian tertentu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 320 responden yang diambil dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara, kemudian dianalisis dengan mengggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai R Square sebesar 0,749 atau sama dengan 74,9%. Berarti hanya 74,9% variabel citra merk dan harga yang memengaruhi keputusan pembelian sepatu Nike . Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel citra merk dan harga yaitu sebesar 25,1%. Tidak terdapat pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian sepatu nike dengan nilai thitung<ttabel (870<1,699).Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sepatu nike nilai thitung>ttabel (2,136>1,699). Secara simultan dengan h03 ditolak dan ha3diterima. Hal ini dibuktikan dengan uji F, dengan Fhitung> Ftabel (43,226> 2,23).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Citra; Merk; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2020 02:11
Last Modified: 17 Nov 2021 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item