Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi harga saham gabungan pada Jakarta Islamic Index (JII)

Nurhayati, Nurhayati (2023) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi harga saham gabungan pada Jakarta Islamic Index (JII). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, bagaimana seorang investor dapat memperhatikan situasi perekonomian dan pergerakan indeks harga saham yang selalu berfluktuasi dalam melakukan aktivitas investasi dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham pada Jakarta Islamic Index (JII) baik secara parsial maupun simultan.Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang pasar modal terkait dengan kondisi ekonomi suatu negara, nilai indeks harga saham gabungan (IHSG) di pasar modal yang anjlok menunjukkan kondisi ekonomi yang mengalami krisis. Kondisi ekonomi mempengaruhi minat investor menanamkan dananya di pasar modal. Ada beberapa variabel ekonomi yang sering dijadikan indikator kondisi ekonomi seperti nilai inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah dan harga saham. Dalam teorinya apabila inflasi dan tingkat suku bunga mengalami kenaikan maka indeks harga saham akan mengalami penurunan. Begitu juga dengan sebaliknya apabila inflasi dan tingkat suku bunga mengalami penurunan maka indeks harga saham akan meningkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan data yang diukur dalam skala numeric,berdasarkan data time series yang berhubungan dengan inflasi, suku bunga, dan harga saham JII. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji koefesien Determinasi (R2), Uji signifikasi Parsial (Uji t) dan uji Signifikasi Simultan (Uji F), selain itu dilakukan juga uji asumsi klasik yakni uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Autokorelasi dan uji Heteroskedastisitas dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan variabel Inflasi berdasarkan uji t diketahui memiliki thitung 1,702 dengan nilai sig t sebesar 0,093. Nilai sig t 0,093 > 0,05 maka ini artinya secara parsial Inflasi memiliki pengaruh positif terhadap harga saham JII. Variabel Suku Bunga berdasarkan hasil uji t diketahui memiliki thitung dengan nilai -2,108 dengan nilai sig t sebesar 0,038. Nilai sig t 0,038 < 0,05 maka artinya suku bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Berdasarkan uji F secara bersama-sama variabel Inflasi dan Suku Bunga diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,223 dengan probabilitas dengan Ftabel sebesar 3,111. Berdasarkan kriteria uji hipotesis nilai Fhitung = 2,223 < Ftabel = 3,111 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji simultan dapat di tentukan hal ini berarti variabel independen Inflasi dan Suku Bunga secara simultan tidak bepengaruh terhadap variabel dependen yaitu Harga Saham JII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Indeks harga saham; Inflasi; Suku bunga; Harga saham Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012726 Islamic Stock Market
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:38
Last Modified: 04 Mar 2024 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item