Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media visual pada mata pelajaran IPS dan dampaknya terhadap peningkatan minat belajar siswa SDN 200302 Padangsidimpuan Batunadua

Siregar, Novita Yanti (2023) Penggunaan media visual pada mata pelajaran IPS dan dampaknya terhadap peningkatan minat belajar siswa SDN 200302 Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat di bantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Keunikan bahan yang akan disampikan kepada siswa dapat diselenggarakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa guru kurang mampu ucapkan melalui kalimat-kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan ajar dapat di konkritkan dengan kehadiran media visual sehingga anak didik akan lebih mudah untuk mencerna bahan ajar dari pada tanpa bantuan media. Pembelajaran IPS di SDN 200302 Padangsidimpuan menggunakan dengan baik media visual, sehingga minat siswa semakin meningkat mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui penggunaan media visual dan dampaknya terhadap peningkatan minat belajar pada mata pelajaran IPS di SDN 200302 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan data kualitatif (berbentuk data, kalimat, skema, dan gambar). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sedangkan metode analisis data dimulai dari reduksi data, selanjutnya displai data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, berdampak positif sehingga mereka para siswa/si merasakan senang ketika proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media visual ini memperlihatkan bahwa Pengaplikasian media visual yang dibuat oleh guru berawal dari perubahan pemahaman belajar siswa sehari-hari. Tahapan yang diperhatikan guru yang harus dicantumkan dalam pembuatan media visual yang akan diterapkan kepada siswa/si antara lain tata letak, keseimbagan, warna, kemudahterbacaan, unsusr-unsur teks, dan unsur-unsur daya tarik. Penggunaan media visual berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 200302 Padangsidimpuan karena dinilai lebih efektif membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran didalam kelas, bahkan guru juga membawa langsung medianya serta memperkenalkannya kepada siswa, sehingga siswa lebih semangat dan antusias untuk mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penggunaan media visual berdampak terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 200302 Padangsidimpuan faktanya para siswa merasa senang ketika proses pembelajaran berlangsung dikelas, dan siswa juga tertarik ketika proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Media visual; Mata pelajaran IPS; Minat belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:19
Last Modified: 01 Mar 2024 09:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item