Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan surplus underwriting dana tabarru’ pada perusahaan asuransi umum syariah

Rangkuti, Paisal (2023) Determinan surplus underwriting dana tabarru’ pada perusahaan asuransi umum syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Surplus underwriting adalah selisih antara dana tabarru’ yang digunakan untuk menanggung kerugian peserta (biaya klaim) dengan sejumlah kontribusi premi risk sharing yang dikumpulkan di dana Tabarru’. Tabarru’ merupakan pemberian sukarela seseorang kepada orang lain, tanpa ganti rugi, yang mengakibatkan berpindahnya kepemilikan harta itu dari pemberi kepada yang diberi. Adapun determinan pada surplus underwriting itu sendiri seperti: Kontribusi Neto, Beban Klaim, dan Hasil Investasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan analisis laporan keuangan Asuransi yang membahas tentang Teori Islami Fund Theory (ISFUT) ada pendapat dari A.Hakim dan Teori Agensi, yang membahas tentang Kontribusi Neto, Beban Klaim, dan Hasil Investasi yang merupakan determinan Surplus Underwriting Dana Tabarru’. Penelitian ini yaitu kuantitatif dengan mengambil data dari website AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia) dengan menggunakan data sekunder, data yang diolah secara mentah dan diambil dari laporan keuangan dengan menggunakan grafik,tabel, dan dengan menggunakan uji normalitas, uji multikoleniaritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Dan hasil penelitian ini telah diketahui bahwa determinan surplus underwriting dana tabarru’ pada perusahaan asuransi umum syariah menunjukkan bahwa kontribusi secara signifikan berpengaruh kepada surplus, sementara itu beban klaim tidak berpengaruh signifikan kepada surplus, dan investasi berpengaruh signifikan kepada surplus, kemudian setelah diuji secara bersama-sama kontribusi,beban klaim,investasi berpengaruh signifikan terhadap surplus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Kontribusi netto; Beban klaim; Hasil investasi; Surplus underwriting
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012722 al-Takaful (Islamic Insurance)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:52
Last Modified: 29 Feb 2024 01:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item