Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh persaingan dan diversifikasi sumber pendapatan terhadap stabilitas bank umum syariah

Siregar, Winda Sari (2023) Pengaruh persaingan dan diversifikasi sumber pendapatan terhadap stabilitas bank umum syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan ekonomi suatu negera bergantung pada kinerja dan kualitas sistem perbankan yang sehat dan stabil. Secara umum, ada dua teori tentang persaingan. Yaitu competition fragility view yang menyatakan bahwa persaingan yang semakin ketat akan mengurangi kekuatan bank dalam mencetak laba dan mendorong bank untuk mengambil risiko yang lebih besar yang mengakibatkan bank mengalami kebangkrutan. Teori ini sejalan dengan penelitian Keeley. Teori yang ke dua yaitu competition stability viewyang menyatakan bahwa persaingan yang semakin ketat justru dapat meningkatkan stabilitas bank. Teori ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan Narayan dan Cupian. Oleh karena itu, untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya agar stabilitasnya kian kuat dan dapat bersaing di lingkungan persaingan yang kompetitif, bank syariah terus berupaya memaksimalkan kinerjanya dengan memaksimalkan kinerjanya dengan mendiversifikasi sumber pendapatannya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah stabilitas bank umum syariah dan variabel dependennya adalah persaingan dan diversifikasi sumber pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari website OJK dan website resmi bank syariah. Tehknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Yang dimana kriterianya yaitu bank umum syariah yang terdaftar di OJK tahun 2017-2021, bank umum syariah yang tidak memiliki unit usaha syariah, dan bank umum syariah yang menyediakan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Sampel yang telah ditentukan membentuk data panel dan dianalisis menggunakan program e-views 9 yang kemudian akan diperoleh model pendekatan terbaik yaitu fixed effect modelyang dibuktikan dengan melakukan uji chow dan uji hausman. Selanjutnya dilakukan uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0, 13 atau 13% artinya variabel persaingan dan diversifikasi sumber pendapatan mempengaruhi stabilitas BUS. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Kemudian hasil uji parsial (uji t) menyatakan bahwa variabel persaingan tidak berpengaruh terhadap stabilitas BUS. Yang dibuktikan dengan nilai probabilitas 0,75 > 0,05. Sedangkan variabel diversifikasi sumber pendapatan nilai probabilitas sebesar 0,0335. Maka 0,0335 < 0,05. Sehingga variabel diversifikasi sumber pendapatan berpengaruh terhadap stabilitas BUS. Kemudian dengan uji simultan (uji f) terdapat pengaruh persaingan dan diversifikasi sumber pendapatan terhadap stabilitas BUS yang di buktikan dengan hasil uji f dengan nilai f statistik 0,000000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Persaingan; Diversifikasi sumber pendapatan; Stabilitas bank umum syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:12
Last Modified: 28 Feb 2024 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item