Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran UD. Pandasoran Plus Kota Padangsidimpuan dalam meningkatkan pendapatan

Melinda, Melinda (2023) Strategi pemasaran UD. Pandasoran Plus Kota Padangsidimpuan dalam meningkatkan pendapatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belatar belakang dalam penelitian ini adalah UD. Pandasoran Plus dari tahun 2017-2021 telah mengalami penurunan pendapatan. Permasalahan terjadi karena harga produk naik secara derastis dan adanya pelanggan yang macet membanyar hutang, banyaknya berdiri usaha yang sejenis, menurunnya daya beli masyarakat dan metode pemasaran yang dilakukan UD. Pandasoran Plus kurang stabil dan masih sederhana, yang mengakibatkan omset atau pendapatan menurun. Penurunan juga terjadi dikarenakan adanya covid-19 di tahun 2019 dan 2020. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Pandasoran Plus Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UD. Pandasoran Plus Padangsidimpuan, dan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan menggunakan analisis SWOT. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang terdiri dari pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, faktor-faktor strategi pemasaran, indikator-indikator strategi pemasaran dan strategi pemasaran syari’ah, pengertian pendapatan, faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan, indikator pendapatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 1 pemilik, 6 karyawan, dan 3 pelanggan/ konsumen usaha UD. Pandasoran Plus Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, analisis matriks IFAS dan EFAS, dan analisis matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, Strategi yang digunakan adalah strategi WO (Weaknesess of Opportunities). Dengan kesimpulan: menambah jaringan pasar, mengoptimalkan pemasaran dan melakukan pelatihan terhadap karyawan agar mampu melakukan pemasaran dari mulut ke mulut dan membuat nama baik UD. Pandasoran di masyarakat. Dan dapat dilihat dengan total skor hasil dari IFAS 6.00 hal ini menggambarkan total bobot skor kekuatan 2,70 dan total bobot skor kelemahan 3,30 hal ini menunjukkan kelemahan UD. Pandasoran Plus lebih tinggi dari pada kekuatan. Sedangkan pada matriks EFAS dengan total skor 4,42 hal ini menggambarkan total bobot skor peluang 3,30 sedangkan total bobot skor ancaman 1,12. Hal ini menggambarkan bahwa peluang pada UD. Pandasoran Plus lebih besar dari pada ancaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Strategi pemasaran UD. Pandasoran Plus Padangsidimpaun
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:15
Last Modified: 26 Feb 2024 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item