Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perkembangan pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mandiri Abadi Syariah pada masa pandemi Covid-19

Ellisa, Ellisa (2023) Analisis perkembangan pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mandiri Abadi Syariah pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100200[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang perkembangan pembiayaan di BMT Mandiri Abadi Syariah selama pandemi Covid-19. Pada umumnya, BMT merupakan singkatan dari Baitul Maal Wat Tamwil yakni suatu usaha yang begerak dibidang jasa yang berupa simpan pinjam mikro syariah yang dimana dapat berfungsi sebagai tabungan juga dapat sebagai pinjaman (pembiayaan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mandiri Abadi Syariah pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya pembiayaan di BMT Mandiri Abadi Syariah pada masa covid-19 dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan BMT Mandiri Abadi Syariah dalam meningkatkan pembiayaan setelah terjadi pandemi covid-19. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika ilmiah induktif, sebagai informan adalah pimpinan dan karyawan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mandiri Abadi Syariah Jalan Pelajar No.217, Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara Alat pengumpulan datanya ialah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti ialah perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan pembiayaan Baitul Mall Wat Tamwil (BMT) Mandiri Abadi Syariah. Penurunan pembiayan terjadi pada saat pandemi, penyebab utamanya adalah penundaan pembayaran angsuran yang dilakukan karena banyak sekali sektor usaha dari anggota BMT yang mengalami penurunan. Faktor yang mempengaruhi perkembangan pembiayaan di BMT Mandiri Abadi Syariah pada masa pandemi covid-19, adalah faktor eksternal dan internal. Upaya yang dilakukan BMT adalah BMT melakukan ujian keadaan ekonomi dan BMT membuat strategi bisnis baru. Hal ini dilakukan BMT adalah untuk tetap dapat membantu pelaku usaha agar tetap bisa bertahan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Pembiayaan; Baitul Maal Wa Tamwil (BMT)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:04
Last Modified: 19 Feb 2024 07:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item