Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kondisi psikologis keluarga dengan remaja kecanduan game online di Kelurahan Perdamean Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Piliang, Maisaroh (2023) Kondisi psikologis keluarga dengan remaja kecanduan game online di Kelurahan Perdamean Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830200057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali dari fenomena remaja di Kelurahan Perdamean tepatnya di Lingkungan Rejo Mulyo 1 tidak melaksanakan tugas mereka dengan baik, seharusnya berbakti terhadap keluarga dan membantu orangtua serta senantiasa beribadah kepada Allah. Masalah ini kecanduan game online remaja yang membuat permasalahan terhadap orangtuanya, mulai dari masalah ekonomi dan pertengkaran antara orangtua dan anak membuat kondisi rumah menjadi tidak tentram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi psikologis orangtua dalam menghadapi remaja kecanduan game online. Kondisi psikologis merupakan keadaan, situasi yang bersifat kejiwaan. Kondisi psikologis sebagai keadaan yang ada dalam diri seorang individu yang dapat memengaruhi sikap dan perilaku individu. Jenis-jenis kondisi psikologis adalah marah, stress, cemas, sabar dan optimis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data primer yaitu orangtua 17 orang dan remaja 10 orang. sumber data sekunder lurah 1 orang dan masyarakat atau tetangga remaja yang kecanduan game online sebanyak 6 orang. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur dan observasi non partisipan. Teknik analisis data menggunakan tahapan menelaah seluruh data yang dikumpulkan dari sumber data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi remaja kecanduan game online di Kelurahan Perdamean memiliki beberapa sifat buruk, seperti suka berkata kotor dan kasar, pembangkang dan sering berselisih atau bertengkar. Kondisi psikologis ayah ibu yang menghadapi remaja kecanduan game online memiliki kondisi negatif dan positif. Kondisi negatif diantaranya stress, cemas dan pemarah, sedangkan kondisi positif diantaranya sabar dan optimis. Faktor penghambat dalam mengatasi remaja kecanduan game online di Kelurahan Perdamean yaitu kurangnya perhatian orangtua, kurang memiliki hubungan sosial yang baik, terpengaruh oleh teman atau lingkungannya dan kurangnya rasa kasih sayang. Adapun faktor pendukung dalam mengatasi remaja kecanduan game online di kelurahan Perdamean yaitu orangtua berperan aktif dalam mendidik anak, remaja sering bersosialisasi dan memiliki kegiatan di luar rumah yang positif seperti mengikuti remaja mesjid, olahraga di sore hari. Contohnya bermain bola kaki dan bola volly serta bermain bulu tangkis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Siti Wahyuni Siregar, S.Sos.I., M.Pd.I
Keywords: Psikologis; Remaja; Kecanduan; Game online
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:05
Last Modified: 15 Feb 2024 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item