Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kepercayan dan persepsi kemudahan terhadap keputusan bertransaksi pengguna aplikasi DANA

Siregar, Faimar Rizal (2023) Pengaruh kepercayan dan persepsi kemudahan terhadap keputusan bertransaksi pengguna aplikasi DANA. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Aktifitas kegiatan manusia perlahan-lahan mulai tergantikan oleh teknologi yang semakin canggih dan sudah mencapai level digital. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ada di kampus Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang terkesan masih kurang mengerti tentang penggunaan aplikasi DANA yang disediakan google playstore pada smartphone, sehingga para mahasiswa tertinggal dalam kemajuan teknologi yang berbasis digital dan masih kurang percaya untuk bertransaksi menggunakan aplikasi DANA. Masih banyak Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang kurang percaya akan keamanan atau tidaknya data maupun saldo apabila menggunakan aplikasi DANA, dan masih banyak mahasiswa yang masih kurang mengerti mekanisme penggunaan aplikasi tersebut dan sangat disayangkan kemudahan teknologi ini tidak dimanfaatkan oleh para mahasiswa Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, terlebih keseluruhan mahasiswa telah memiliki smartphone dan tentunya mempunyai kuota internet. Penelitian ini menggunakan konsep teori Technology Acceptance Model (TAM) yang merupakan konsep yang dikembangkan oleh Davis. TAM merupakan sebuah teori yang menjadi landasan untuk mempelajari dan memahami perilaku pemakai dalam menerima dan menggunakan teknologi. Serta Teori Kepercayaan, “kepercayaan dibangun antara pihak-pihak yang belum saling mengenal baik dalam interaksi maupun proses transaksi. Sedangkan Teori Persepsi Kemudahan, persepsi kemudahan penggunaan adalah keyakinan individu bahwa menggunakan sistem teknologi informasi tidak akan merepotkan atau membutuhkan usaha yang besar pada saat digunakan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner dan wawancara. Pengambilan sampel dalam penelitiaan ini dalah sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (Uji t dan uji F). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Kepercayaan dan Persepsi Kemudahan mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Bertransaksi Pengguna Aplikasi DANA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Aplikasi DANA; Kepercayaan; Keputusan bertransaksi; Persepsi kemudahan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:00
Last Modified: 12 Feb 2024 02:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item