Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli produk kekinian (studi pada mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan)

Sari, Yuni Yolanda (2023) Pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli produk kekinian (studi pada mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi, yang dimana sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan menjadi faktor yang mempengaruhi minat beli produk kekinian pada mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan Pembahasaan penelitian ini yaitu dengan teori sertifikasi halal, teori kesadaran halal dan teori bahan makanan terhadap minat beli produk kekinian, dan bahan mankanan produk kekinian seuai dengan prespektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket dengan jumlah sampel 96 orang. Pengelolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji koefisien diterminasi (R2), uji analisis regresi linear berganda, uji t (Parsial), Uji F (Simultan). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS 25. Hasil penelitian secara parsial (uji t) variabel Sertifikasi Halal, berpengaruh signifikan terhadap Minat beli Produk Kekinian Produk, variabel Kesadaran Halal dan Bahan Makanan berpengaruh terhadap Minat beli Produk Kekinian Produk. sedangkan secara simultan (uji F), Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan. Minat beli Produk Kekinian Produk berpengaruh signifikan. dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana R square variabel sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel ini dan 54,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Indah Permatasari Siregar, M.Si
Keywords: Sertifikasi halal; Kesadaran halal; Bahan makanan; Minat beli produk kekinian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:52
Last Modified: 07 Feb 2024 04:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item